Pages

NComputing : Dump PC Untuk Hemat License

Apa itu NComputing ?? Menurut definisi dari produsen nya sendiri, "Ncomputing adalah terminal pertama di dunia yang tidak membutuhkan CPU, hard-drive, atau CD-ROM dan dapat dipergunakan sama seperti PC biasa. Dengan Ncomputing exclusive UTMA (Ultra Thin Multi-Access) teknologi, Ncomputing dapat meng-ekspansi PC anda sampai 10 terminal komputer. (sampai 30 dengan Windows Server 2003 atau 2000 Server. Unlimited terminals dengan operating sistem Linux tertentu)."

Pasti agan punya segudang pertanyaan setelah membaca tentang definisi NComputing, seperti kenapa tanpa ada Hard Drive, atau pun CPU bisa berjalan layaknya memakai PC biasa ?? Nah lhhoooo ??!!!  Trus, maksud nya hemat LICENSE apa nih gan ??!! Cepet dong kasih tau jawaban nya ! Tenang gan .. Nih Ane kasih tau ya per point nya.


1. NComputing bisa berjalan tanpa adanya Hard drive dan CPU

Cara kerja NComputing itu sendiri adalah Client-Server. NCompuitng membutuhkan 1 PC yang bisa disebut Server. Jadi semua data client (saat ini client adalah sebutan NCompuitng)  tersimpan di HDD cpu servernya kecuali agan ingin simpan di Flasdisk juga bisa, jadi semua terpusat gan, nanti yang di maintenance cuma cpu servernya aja, client2 sebanyak apapun gak perlu di maintenance karena ngikut kondisi servernya . Serta OS dan berbagai program yang ada di dalam server akan persis sama di pemakaian client. Ibarat client adalah cloning nya si komputer server itu sendiri.
Jika di client saat beraktifitas menyimpan data, data yang tersimpan tidak akan masuk ke Client sendiri tetapi secara tidak langsung masuk ke komputer Server, serta bila kita install apapun program, di server juga turut terinstall. Cara kerja nya ane simpulkan, apa yang ada di server adalah sama yang ada di client dan apa yang ada perubahan di server, client akan mengikutinya.
Itulah alasan mengapa NComputing tidak ada Hard Drive dan CPU tetapi tetap bisa berjalan layak nya memakai PC sendiri.


2. Memakai NComputing = Menghemat License !!
Kenapa ane bilang hemat license ??? Yahh td kan ane udah jelasin ,, hanya 1 license yg di pakai di komputer server nya ,, lalu NComputing akan bekerja dalam OS induk nya .. Hemat hebat ***** tar di sangka lagi promo iklan lgi .. hahaha :D


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah udah tau kan cara kerja nya, lalu apa aja sih tipe-tipe NComputing itu sendiri ?? Cekidot :D

NCOMPUTING (made in USA)
Tipe :

1. L130 -> (non usb,16 bit,koneksi LAN,support win xp - win 7)
2. L230 -> (1 usb,24 bit,koneksi LAN,support win xp - win 7)
3. L300 -> (2 usb,24 bit,koneksi LAN,full screen video, LCD wide screen, support win xp)
4. X350 -> (non-usb,16 bit,koneksi PCI Card,support win xp) [Beli 1 paket Dapat 3 client]
5. X550 -> (non-usb,16 bit,koneksi PCI Card,support win xp) [Beli 1 paket Dapat 5 client]
6. U170 -> (1 usb,32 bit,koneksi USB,USB untuk Printer,Scanner, Barcode,game online 2D,support win xp)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah memakai NComputing bisa juga sharing dalam jaringan lokal ??? Hmm itu mungkin pertanyaan yang ada di pikiran agan dan aganwati yah ?? Kalo begitu mari ane terangkan lagi .. Cekidot :D


Cara pasang Ncomputing tipe koneksi LAN

Ikuti step-step dibawah ini gan untuk pemasangan di sisi client yaitu ncomputing :

1. Pasang semua hardware seperti Keyboard, Mouse, Monitor, Speker dan Flasdisk ke port USB (hanya untuk type produk yang terdapat usb-nya) pada terminal dari THIN CLIENT. Note : anda bisa menggunakan USB Keyboard dan USB Mouse jika anda ingin menggunakan lebih dari satu USB Device, mohon tambahkan USB-HUB pada port USB THIN CLIENT.
Instalasi Benar thin client



2. Konekkan Terminal THIN CLIENT dengan HUB/SWITCH/Router dengan model direct ethernet cable bukan cross cable. Jika langsung komputer server dengan THIN CLIENT maka gunakan cross ethernet cable.



3. Konekkan dengan Power Adaptor



4. Masukkan CD Driver ke CD/DVD komputer server. Jalankan file .exe dan ikuti petunjuk selanjutnya.

5. Restart komputer server . Tunggu komputer server booting dan logon.

6. Hidupkan THIN CLIENT dan tunggu sampai semua lampu indikator menyala.

7. Setting No IP dan Gateway THIN CLIENT yaitu untuk IP Gatewaynya di isikan no IP dari komputer server, sedangkan untuk IP THIN CLIENT di isi no IP sama seperti IP Komputer server hanya angka paling belakang di ubah jangan sampai sama dengan komputer server / client yang lainnya. Kemudian SAVE.

8. Click Connect, tunggu screen logon menu muncul.

9. Masukkan username dan password dari user yang telah anda buat di komputer server.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Setting ipaddres berbeda di NCOMPUTING

gan ini gua dpt dr rekan blogger nico..


Cara Setting ipaddress ncomputing.

Salah satu kelemahan bila kita menggunakan NComputing maka setiap client yang digunakan akan memiliki IP address yang sama dengan IP address pada server NComputing kita.
Hal ini bisa membatasi kita dalam menggunakan beberapa program yang membutuhkan alamat IP berbeda seperti program IPMsg (IP based messeging), print control, Software auditing dan program lain yang berbasis jaringan.
Supaya NComputing menggunakan IP address yang berbeda satu sama lainnya kita dapat menginstall program NComputing IP Utility yang disediakan gratis dengan mendownloadnya dari https://www.modularmerchant.com/clients/vspace_software.
Untuk mendownload dan memakainya anda terlebih dahulu harus mendaftar dan memilih software tersebut pada website. Dan setelah itu anda akan dikirimkan nomor key atau registrasi melalui E-mail beserta link download program tersebut.
Bila anda tidak meregistrasikan software ini via internet maka program ini hanya akan bekerja selama 30 hari.Dan yang perlu diperhatikan, karena pemprosesan konfigurasi NIC ini dilakukan di Windows secara individual dan berurutan (sequential) maka semakin banyak client yang kita miliki akan menambah waktu booting server kita. Dan untuk File Sharing akan tetap menggunakan pengaturan global.

Requirement :

* Ncomputing Type X-series ataupun L-series
* DHCP server
* vSpace v4.4.2.2 atau yang lebih baru
* Windows XP Professional atau Windows Server 2003
* Sambungan Internet untuk registrasi software

Sekilas cara penginstalan :
Jalankan file instalasi NiuInst.exe akan disajikan EULA dari software, pilih I agree lalu Next untuk melanjutkan.
Akan muncul windows untuk memilih network card yang akan digunakan sebagai host, pilih yang sesuai dengan konfigurasi anda.



Setelah itu akan muncul layar untuk menentukan banyaknya IP address yang akan dialokasikan untuk perangkat NComputing anda (pilih sesuai kebutuhan saja)


Setelah itu, aplikasi akan memproses pilihan anda, dan bila sudah selesai akan diminta untuk memasukkan Activation Key program (bisa dilewati dan dilakukan lain kali), setelah selesai restart komputer anda


Untuk cara penginstalan dan pemasangannya secara lengkap bisa dilihat dimanualnya. Semoga berguna.

Tampilan Setelah Instalasi:


Sumber gambar: NIU User Guide Manual

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah mungkin agan yang udah punya device NCompuitng sendiri lalu mengalami trouble dengan NComputing nya bisa dishare di sini kok gan !
Mungkin juga buat para Loungers Mania yang butuh info mengenai NComputing bisa hub dan minta saran by phone ke situs http://www.sentracom.co.id
Disana ada no hotline dan hunting trouble masalah komputer . Terima kasih semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading