Pages

Step Membuat Partisi Baru

Ane mau bagi pengalaman aja nih gan ! Dulu ane punya hdd yg cuma punya 1 partisi .. Yaitu C: aja dan di drive itu saya simpan dokumen , data-data, trus ama OS nya campur baur di 1 drive itu .. Makanya ane ppusing sendiri ama kompi ane , trus solusi nya yaa pecah partisi aja ..
Udah cari info kesana-sini akhirnya dapet juga info tentang membagi partisi .. Tapi setau saya, OS bakal masalah kalau dipecah partisi nya .. Yah mau gimana lagi, daripada makin bingung naro data yang campur-campur . Akhirnya coba aja deh ..
Ane pake program Easus Partition Manager (EPM), tools 1 ini berkat banget buat ane.  User friendly pula ..

Nih step-step nya :


1. Download tools nya, kalau udah selesai Install juga tools nya ..
2. Jalankan program nya lalu muncul jendela welcome screen dari EPM
3. Setelah muncul semua partisi anda, maka saatnya untuk membedah partisi anda. Hati2 yaa, jangan sampai salah, nanti malah kacau. Lihat gambar SS yang saya buat, di situ terdapat gambar/ simbol panah. Di garis itu lah yang akan menentukan bagaimana partisi yang akan kita buat . Bila geser ke kiri , partisi akan mengecil dan membuat partisi baru dibelakangnya . Warna Kuning adalah tempat space hardisk yang sudah terisi OS penuh. Jadi yang ane katakan tadi, dengan program ini agan tidak perlu takut OS nya rusak karena EPM otomatis akan mendeteksi space OS. Warna Abu-abu adalah warna space hdd yang masih kosong. Dan warna Putih adalah space Unlocatted, yang nantinya kita akan buat partisi baru di space itu.

4. Nah setelah  udah digeser-geser , EPM otomatis akan mengunci settingannya. Klik di tempat warna putih, lalu klik kanan Create.
Setelah itu akan muncul jendela baru mengenai identifikasi seperti terlihat gambar di bawah ini. Agan hanya berkewajiban menamakan partisinya, lalu meyakini bahwa angka untuk partisi yang baru adalah benar yang agan inginkan.

5. Sentuhan terakhir agan hanya klik OK, lalu EPM akan meminta restart untuk mengerjakan bagiannya. Jika sudah direstart komputer biarkan EPM bekerja. Setelah selesai proses pembagian partisi, komputer akan reboot sendiri. Selesai sudah, partisi baru siap digunakan. :D

Cukup sekian yah info nya, kalau mau download EPM, silakan klik SMS Lounge™

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading