Pages

Virtualisasi Router Mikrotik dengan KVM

Selamat datang pelancong blogger :)

Postingan artikel ini didapat karena ada tugas lagi untuk membuat Mikrotik di dalam Mikrotik.. Aneh ya? Ya seperti itulah.. Tanyakan saja pada si pembuat persoalan :D

Tapi setelah dicari-cari dan sudah mencoba tugas ini didapat pemahaman dan pelajaran baru tentang Mikrotik dan Virtualisasi. Tidak lupa untuk sharing di blog ini agar tidak lupa hasil oprekan yang didapat dan bila ada yang mencari tutorial membuat Mikrotik dengan KVM bisa semoga artikel ini bisa membantu.. :)

KVM adalah sebagai salah satu alat hypervisor di dalam virtualisasi. Banyak hypervisor lainnya, seperti VM Ware vSphere, HyperV yang sebagai bawaannya di Windows, Virtualbox produknya Oracle (ora kelar-kelar :p), VirtualPC, Qemu, Parallel nah yang ini cuma bisa di MacOS, dll..
Hypervisor adalah si penghubung dan pembuat Operating System (OS) virtual yang akan diinstall di dalam OS. Jadi hasilnya ada OS didalam OS.. Tapi OS utama itu bisa disentuh atau memang barangnya nyata.. Sedangkan yang OS virtualisasi barang nya tidak nyata, tetapi bisa dipergunakan layaknya OS biasa.

Untuk membuat virtualisasi Mikrotik di dalam Mikrotik, untuk versi 5.x sampai 6.0.x bisa menggunakan MetaROUTER sedangkan versi yang terbaru versi 6.1.5 ke atas bisa menggunakan KVM. Sama saja sebetulnya mau menggunakan MetaROUTER atau KVM, karena tampilanya tidak jauh berbeda.

Pada bahasan kali ini, menggunakan KVM untuk virtualisasinya..
Oiya, sebelumnya mau mengingatkan kalau Mikrotik didalam Virtualbox (atau hypervisor lainnya) lalu dibuat virtualisasi lagi, dengan cara tersebut tidak bisa. Karena CPU tidak support dengan mode seperti itu.

Buka Mikrotiknya terserah mau menggunakan Winbox atau Putty, karena ane kasih konfigurasi mode text dan tampilannya.. :)




Buat dahulu image MikrotikOS nya dengan ukuran space hardisk 64Mb. Ukuran bisa disesuaikan dengan selera dan beri nama file imafe
[admin@MikroTik] > kvm make-routeros-image file-name="mikrotik-virtual" file-size=64 


Lalu buat virtual RAM nya
[admin@MikroTik] > kvm add name="mikrotik-virtual" memory=128 disk-images=hda:mikrotik-virtual


Setelah RAM dipasang, router perlu interface ethernet minimal 2 interface.. Yasudah, lakukanlah buat virtual ethernet di Mikrotik..
[admin@MikroTik] > interface virtual-ethernet add name="v-eth1"
[admin@MikroTik] > interface virtual-ethernet add name="v-eth2"
Lalu bila sudah membuat virtual ethernet, sekarang supaya Mikrotik virtualnya bisa mendapatkan akses internet secara nyata, maka dibuatkan bridge ke interface fisik Mikrotik asli yang terhubung internet.
[admin@MikroTik] > interface bridge add disabled=no
[admin@MikroTik] > interface bridge port add interface=ether1 bridge=bridge2 disabled=no
[admin@MikroTik] > interface bridge port add interface=v-eth1 bridge=bridge2 disabled=no



Oke bila sudah, tahap berikutnya adalah menentukan mode interface yang akan digunakan oleh Mikrotik virtual nanti. Mode yang dipakai berupa type Static ya..
[admin@MikroTik] > kvm interface add virtual-machine=mikrotik-virtual interface=v-eth1 type=static
[admin@MikroTik] > kvm interface add virtual-machine=mikrotik-virtual interface=v-eth2 type=static  


Selesaii deh.. Untuk coba jalankannya dengan command

[admin@MikroTik] > kvm start mikrotik-virtual

dan untuk konfigurasi mikrotik virtual yang baru bisa dari console dengan perintah berikut 

[admin@MikroTik] > kvm console mikrotik-virtual


Kalau dari winbox bisa langsung klik Start dan untuk konfigurasi nya klik tombol Console.

Demikian artikel tentang KVM Mikrotik nya.. Semoga bermanfaat :)


5 comments

  1. Klu boleh saran, kelebihan dan kekurangan menggunakan MetaROuter dan KVM itu apa yaa,, kemudian dalam kasus seperti apa digunakan ?? trims.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah berkunjung..

    MetaROUTER dan KVM sebetulnya secara konsep sama, virtualisasi Mikrotik didalam MikrotikOS. Hanya saja, di Mikrotik mulai versi 6.1.x MetaROUTER diganti menjadi KVM.
    Konfigurasipun tidak jauh berbeda antara KVM dengan MetaROUTER.

    Utk contoh case study nya menyusul ya gan.. on Progress :)

    ReplyDelete
  3. Semangat Bang Pangestu !! sangat di tunggu artikelnya,, !! klu bisa tuliskan artikel yang ngebahas arsitektur metaRouternya juga ..

    ReplyDelete
  4. Gan mau tanya, kalau Metarouter dalam konsep Virtualisasi itu termasuk dalam kategori virtualisasi apa ya gan, maksud saya Full Virtualisasi atau Paravirtualisasi atau sejenisnya ? mohon pencerahannya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu, untuk lebih lengkap nya bisa ke tkp resmi aja gan..
      http://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:KVM

      anw, thanks udah mampir gan :)

      Delete

 

Most Reading