Pages

Memandang Rendah, Dipandang Rendah

Orang berdiri di gunung

Engga posting soal konfig-konfig apalagi BGP dulu gan. Karena ngelab selalu Request Time Out terus, jadinya melipir dulu soal kayak gitu.
Jadinya posting soal sehari-hari ajalah gan.. Entah soal Ahok yang lagi pengen dijadiin menteri ama Pak Presiden Jokowi, atau curcol soal pitutur..

Waktu lagi browsing, ketemu pitutur seperti ini :
Wong ambêk gumêdhe malah disorake, kosokbaline wong andhap asor: malah diluhurake, pêrlune apa dhêmên gumêdhe.
Jujur ajah ane nangis gan bacanya.. Sedih karena ga ngerti artinya apa.. Hehehe
Untung temen ane ngerti artiinnya, jadi kurang lebih seperti ini :
Orang yang tinggi hati akan direndahkan, sebaliknya orang yang rendah hati akan diluhurkan. Jadi apa manfaatnya menjadi orang yang sombong
Apa mkasudnya?



Ane dulu waktu masih bandel, liar, bad-boy gitu 😂.. sering ikut-ikutan ngeledekin orang yang tampangnya emang mesti diledekin, gayanya yang ane pikir katro, pola pikirnya yang abstrak..
Ane ngerasa paling oke deh gan kalo lagi ada dia.. Di pelajaran paling merasa "oh itu.. gw ngerti kok.. Itu tuh bla bla bla.." , kalo ketemu orang itu kayak " Oke, lu mau ngobrol apa? Gw bisa ikutin, bahkan kasih advise ke lu." Palugada, istilah marketing. Apa lu mau gua ada!

Tapi semakin berjalan waktu, ane kok ngerasa makin berat ya jalanin hari? Mesti selalu tampil sempurna di semua orang. Suatu ketika, orang yang ane sering ledekin dulu, ane pandang rendah, itu sukses gan. Melesat jauh ga kira-kira. Entah dia lagi di gigi berapa sekarang.. Pokoknya melesat kenceng.

Ane cuman bisa elus dada, gigit jari, inget-inget kejadian-kejadian dulu sambil makan ketoprak.. Ane selalu mandang rendah orang even itu baru kenal atau ring-1 ane.. wkwkw
Semakin kesini semakin parah gan.. Malah kebalik sekarang. Yang tadinya trying to be perfect, jadi perfectly to be bullied! Engga enak lho gan waktu ngalamin begitu, tapi kalo ga percaya atau pengen coba ya saran ane lakuin hal yg diatas. Trying to be perfect! It works! Hahaha

Untungnya, Tuhan kasih ane nasehat gan biar hidup ane ga salah arah nya kejauhan. Tuhan masih baik ke ane gan.. Kasih contoh dulu, baru kasih statement.. Yg ane rasain tuh kayak gini gan. ""Oke lu tuh sombong tapi ga sadar. Lu puasin dulu, kalo udah puas, lu belajar apa itu namanya rendah hati. Mesti seimbang ya."
Karena ada tertulis:
"Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya."
Pitutur diatas itu pas gan! Mungkin orang lain dimata kita, dia lemah, madesu, bodoh, dll karena punya sikap, wajah yang bikin asumsi kita begitu. Tapi kita tidak tahu orang itu sedang jalanin hidup apa, mungkin punya visi yang besar tapi dia keep sendiri. Terus jalan pada proses nya tanpa umbar kesemua orang.. Pas ketemu lagi, mungkin dia udah sampai di visinya, dan seperti ane jadi nya. Gigit jari, elus dada, sambil makan ketoprak.. 😜
Ketika lu mandang orang digunung kecil, sesungguhnya orang lain juga mandang lu kecil gan.

Jadi, apa manfaat nya jadi orang sombong, kalau hanya akan direndahkan? 

Ternyata belajar rendah hati itu sett dah gan! Ane ga mau ceritain rasanya. Biar agan sendiri yang ngalamin nya.. Terus mbatin kayak gini, "Oh gini tho rasanya".
Tapi proses emang ga pernah bikin hasil yang menipu gan.

Rendah hati bukan berarti kita itu harus minder terhadap orang lain gan. Merasa inferior terhadap lingkungan. Kadang ada yg berpura-pura rendah hati, tetapi sesungguh nya sombong -> ini next post kayaknya 😚

Yang masih memandang orang lain, hati-hati.. Saya cuma bilang sekali lagi, hati-hati.. *mirip Presiden Jokowi lagi peringatin anak buah*

Ane masih nunggu-nunggu kalimat ini terjadi gan.
Sebaliknya, orang yang rendah hati akan diluhurkan.

Ane masih proses gan, makanya masih menanti.. Hehehe

Kalimat itu ada tertulis gan:
"Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu"

If you decide where you belong to after read this post, we already have been in the same process. See you at the finish line!

*note : kasih comment bisa kakak*

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading